Sabtu, 06 Desember 2014

Tugas 7

1.         Pengertian dan contoh dari :
A.        Definisi Tujuan
Penentuan tujuan merupakan langkah pertama dalam membuat perencanaan sehingga dalam pelaksanaannya nanti terarah sesuai dengan tujuan dan hasil yang ingin dicapai. namun demikian, banyak individu / organisasi yang salah kaparah dalam menentukan tujuan dengan cara membuat beberapa tujuan dalam sebuah perencanaan. Hal ini tentu akan membingungkan dan berakibat kurang maksimalnya hasil yang bisa dicapai.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi tujuan:
# H.R. DAENG NAJA
Tujuan merupakan misi sasaran yang ingin dicapai oleh suatu organisasi di masa yang akan datang dan manajer bertugas mengarahkan jalannya organisasi untuk mencapai tujuan tersebut
# IDA NURAIDA
Tujuan merupakan bagian dari fungsi planning atau perencanaan dan merupakan langkah awal fungsi manajemen
# SPILLANE, SJ
Tujuan merupakan bagian dari proses mencapai keserasian dan konsentrasi kekuasaan
# ABUBAKAR A & WIBOWO
Tujuan merupakan norma terakhir untuk organisasi menilai dirinya. Tanpa tujuan, organisasi tidak mempunyai dasar yang jelas
# KEN MCELROY
Tujuan merupakan langkah pertama dalam proses mencapai kesuksesan dan tujuan juga merupakan kunci mencapai kesuksesan
# JEMSLY H & MARTANI H
Tujuan merupakan sesuatu yang mungkin untuk dicapai, bukan sesuatu yang utopis
# YAYASAN TRISAKTI
Tujuan merupakan kunci untuk menentukan atau merumuskan apa yang akan dikerjakan, ketika pekerjaan itu harus dilaksanakan dan disertai pula dengan jaringan politik, prosedur, anggaran serta penentuan program
# TOMMY SUPRAPTO
Tujuan merupakan realisasi dari misi yang spesifik dan dapat dilakukan dalam jangka pendek
Tujuan merupakan pernyataan tentang keadaan yang diinginkan di mana organisasi atau perusahaan bermaksud untuk mewujudkannya dan sebagai pernyataan tentang keadaan di waktu yang akan datang di mana organisasi sebagai kolektivitas mencoba untuk menimbulkannya.
Contoh Tujuan :
1. Tujuan didirikannya Universitas Gunadarma dipinggir jalan yaitu agar memudahkan masyarakat mudah mengetahui lokasi Universitas Gunadarma.
2. Tujuan acara seminar yang diadakan oleh kampus Gunadarma untuk menambah pengetahuan bagi para mahasiswa atau mahasiswinya
B. Pengertian Strategi
a) HALIM
Strategi adalah suatu cara dimana organisasi / lembaga akan mencapai tujuannya, sesuai dengan peluang – peluang dan ancaman – ancaman lingkungan eksternal yang dihadapi, serta sumber daya dan kemampuan internal
b) KAPLAN & NORTON
Strategi adalah seperangkat hipotesis dalam model hubungan cause dan effect, yaitu suatu hubungan yang dapat diekspresikan melalui kaitan antara pernyataan if-then.
c) HAMEL & PRAHALAD (1995)
Strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus – menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggakn di masa depan
d) SJAHFRIZAL
Strategi adalah cara untuk mencapai tujuan berdasarkan analisa terhadap faktor internal dan eksternal
e) WEBSTER’S THIRD NEW INTERNATIONAL DICTIONARY
Strategi adalah ilmu dan seni tentang penggunaan kekuatan-kekuatan politik, ekonomi, psikologi, dan militer satu bangsa atau kelompok bangsa-bangsa yang memungkinkan dukungan maksimal kepada kebijakan yang telah ditetapkan, baik saat damai maupun saat perang
Contoh :
1. Strategi yang dilakukan oleh pihak universitas agar banyak peminat yang masuk kekampus tersebut dengan cara mensosialisasikan serta tawaran potongan harga atau diskon.
2. Banyak pedangang yang berjualan di depan kampus Gunadarma karawaci adalah salah satu strategi dari mereka untuk menghasilkan pendapatan yang lebih banyak
C.Pengertian Kebijakan Menurut para Ahli
Pengertian Kebijakan Menurut para Ahli | Kebijakan adalah suatu ucapan atau tulisan yang memberikan petunjuk umum tentang penetapan ruang lingkup yang memberi batas dan arah umum kepada seseorang untuk bergerak. Secara etimologis, kebijakan adalah terjemahan dari kata policy. Kebijakan dapat juga berarti sebagai rangkaian konsep dan asas yang menjadi garis pelaksanaan suatu pekerjaan, kepemimpinan, dan cara bertindak. Kebijakan dapat berbentuk keputusan yang dipikirkan secara matang dan hati-hati oleh pengambil keputusan puncak dan bukan kegiatan-kegiatan berulang yang rutin dan terprogram atau terkait dengan aturan-aturan keputusan.
Pengertian Kebijakan Menurut para Ahli
a) Zaenuddin Kabai, kebijakan adalah formalisasi dari sebuah kebijaksanaan, mengingat seringnya kata kebijakan digunakan pada lingkungan-lingkungan formal (organisasi atau pemerintahan).
b) Menurut Lasswell (1970): kebijakan adalah sebagai suatu program pencapaian tujuan, nilai-nilai dan praktik-praktik yang terarah (a projected program of goals values and practices).
c) Menurut Anderson (1979): kebijakan adalah serangkaian tindakan yang mempunyai tujuan tertentu yang mesti diikuti dan dilakukan oleh para pelakunya untuk memecahkan suatu masalah (a purposive corse of problem or matter of concern).
d) Menurut Heclo (1977): kebijakan adalah cara bertindak yang sengaja dilaksanakan untuk menyelesaikan masalah-masalah.
e) Menurut Eulau (1977): kebijakan adalah keputusan tetap, dicirikan oleh tindakan yang bersinambung dan berulang-ulang pada mereka yang membuat dan melaksanakan kebijakan.
f) Menurut Amara Raksasa Taya (1976): kebijakan adalah suatu taktik atau strategi yang diarahkan untuk mencapai tujuan.
g) Menurut Friedrik (1963): kebijakan adalah serangkaian tindakan yang diajukan seseorang, group, dan pemerintah dalam lingkungan tertentu dengan mencantumkan kendala-kendala yang dihadapi serta kesempatan yang memungkingkan pelaksanaan usulan tersebut dalam upaya mencapai tujuan.
h) Menurut Budiardjo (1988): kebijakan adalah sekumpulan keputusan yang diambil oleh seorang pelaku atau kelompok politik dalam usaha memilih tujuan-tujuan dan cara-cara untuk mencapai tujuan tersebut.
i) Menurut Carter V. Good (1959): kebijakan adalah sebuah pertimbangan yang didasarkan atas suatu nilai dan beberapa penilaian terhadap faktor-faktor yang bersifat situasional, untuk mengoperasikan perencanaan yang bersifat umum dan memberikan bimbingan dalam pengambilan keputusan demi tercapainya tujuan.
j) Menurut Indrafachrudi (1984): kebijakan adalah suatu ketentuan pokok yang menjadi dasar dan arah dalam melaksanakan kegiatan administrasi atau pengelolaan.
k) Menurut Carl Friedrich: Kebijakan adalah suatu tindakan yang mengarah pada tujuan dalam lingkungan tertentu sehubungan dengan adanya hambatan-hambatan tertentu seraya mencari peluang-peluang untuk mencapai tujuan atau mewujudkan sasaran yang diinginkan.
l) Menurut PBB: Kebijakan adalah suatu deklarasi mengenai dasar pedoman (untuk) bertindak, suatu arah tindakan tertentu, suatu program mengenai aktivitas-aktivitas tertentu atau suatu rencana.
m) Menurut KBBI: Kebijakan adalah rangkaian konsep dan asas yang menjadi garis dan dasar rencana dalam pelaksanaan pekerjaan, kepemimpinan, serta cara bertindak (tetang perintah, organisasi, dan sebagainya).
n) Menurut Anderson: Kebijakan adalah suatu tindakan yang mempunyai tujuan yang dilakukan seseorang pelaku atau sejumlah pelaku untuk memecahkan suatu masalah.
o) Menurut Mustopadidjaja: Kebijakan adalah keputusan suatu organisasi yang dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan tertentu sebagai keputusan atau untuk mencapai tujuan tertentu, berisikan ketentuan-ketentuan yang dapat dijadikan pedoman perilaku dalam (1) pengambilan keputusan lebih lanjut, yang harus dilakukan baik kelompok sasaran ataupun (unit) organisasi pelaksana kebijakan, (2) penerapan atau pelaksanaan dari suatu kebijakan yang telah ditetapkan baik dalam hubungan dengan (unit) organisasi pelaksana maupun dengan kelompok sasaran yang dimaksudkan.
Contoh :
1. Kebijakan kampus Universitas Gunadarma yaitu memberikan beasiswa kepada anak-anak yang berprestasi.
2. Kebijakan kampus Universitas Gunadarma yang lainnya yaitu memberikan beasiswa kepada anak-anak yang kekurangan biaya.
D. Pengertian prosedur
Secara singkat prosedur bisa dimaknai dengan peraturan. Lengkapnya, prosedur adalah aturan dalam bermain, bekerja sama, berkoordinasi sehingga unit-unit dalam suatu sistem dapat berinteraksi secara efisien dan efektif. Makna lain diungkapkan dalam bidang manajemen, prosedur dimaknai sebagai langkah-langkah atau tahapan sert urutan pekerjaan untuk mencapai tujuan secara efisien dan efektif. Jadi, prosedur lebih menekankan pada sebuah tahapan atau urutan yang sistematis hingga bisa tercapai suatu hasil yang maksimal.
a) Menurut Ismail Masya, prosedur adalah suatu rangkaian tugas-tugas yang saling berhubungan berup urutan waktu dan tata cara tertentu untuk melaksanakan pekerjaan yang dilakukan berulang-ulang.
b) Menurut Gerald Cole, prosedur adalah suatu urutan pekerjaan yang melibatkan beberapa orang dalam satu bagian yang disusun untuk menjamin adanya perlakuan seragam terhadap transaksi perusahaan.
c) Menurut M. Ali, prosedur adalah tata cara dalam menjalankan suatu pekerjaan.
d) Menurut Narko, prosedur adalah serangkaian titik rutin yang diikuti dalam melaksanakan suatu wewenang fungsi dan operasional.
e) Menurut Kamaruddin, prosedur adalah suatu susunan teratur sebuah kegiatan yang berhubungan satu dengan lainnya dan prosedur-prosedur yang berkaitan memudahkan dan melaksanakan kegiatan utama dari suatu organisasi.
f) Menurut Fauzi, prosedur adalah urutan pekerjaan administrasi yang melibatkan beberapa orang dalam satu bagian yang disusun untuk menjain adanya perlakuan yang seragam terhadap transaksi perusahaan yang sering terjadi.
g) Menurut Amin Widjaja, prosedur adalah sekumpulan bagian yang saling berkaitan.
h) Menurut Mulyadi, prosedur adalah urutan kegiatan klerikal yang biasanya melibatkan beberapa orang dalam sebuah organisasi, dibuat untuk menjamin penanganan secara seragam transaksi perusahaan yang terjadi
Contoh :
1. Untuk mengikuti lab harus membawa kartu Lab
2. Prosedur untuk menjadi mahasiswa Universitas Gunadarma yaitu membeli formulir , ikut test sera mengikuti acara ppspt .
E. Pengertian Peraturan Menurut Beberapa Ahli
a) LYDIA HARLINA MARTONO
Peraturan merupakan pedoman agar manusia hidup tertib dan teratur. Jika tidak terdapat peraturan, manusia bisa bertindak sewenang-wenang, tanpa kendali, dan sulit diatur
b) JOKO UNTORO & TIM GURU INDONESIA
Peraturan merupakan salah satu bentuk keputusan yang harus ditaati dan dilaksanakan. Jasi, kita harus menaati peraturan agar semua menjadi teratur dan orang akan merasa nyaman
Peraturan adalah tindakan yang harus dilakukan atau yang tidak boleh dilakukan
c) I WAWANG SETYAWAN
Peraturan adalah suatu hal yang sangat mutlak dan bersifat membatasi ruang gerak atau “kemerdekaan” setiap individu
d) LYDIA HARLINA MARTONO, SATYA JOEWANA, VENUS KHASANAH
Peraturan adalah cara membangun norma masyarakat sebagai pedoman agar manusia hidup tertib dan teratur
Contoh :
1. Peraturan Bagi Mahasiswa saat UTS atau UAS harus membawa KRS
2. Peraturan yang lain yaitu tidak boleh mencontek ketika sedang UTS atau UAS
F.Pengertian Program Menurut Beberapa Ahli
a) SUKRISNO
Program adalah kata, ekspresi, atau pernyataan yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur, yang berupa urutan langkah, untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman sehingga dapat dieksesuksi oleh komputer.
b) SUNARTO, S.KOM
Program adalah sekumpulan instruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode skema, ataupun bentuk lain, yang apabila diganbungkan dengan media yang dapat dibaca dengan komputer akan mampu membuat komputer bekerja untuk melakukan fungsi-fungsi khusus atau untuk mwncPi hasil yang khusus, termasuk persiapan dalam merancang instruksi-instruksi tersebut
c) SINDHUNATA
Program adalah kelompok pernyataan yang persis dan berurutan yang gunanya adalah utuk memberi tahu komputer bagaimana melaksanakan sesuatu pekerjaan
d) JANNER SIMARMATA
Program merupakan suatu aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa program tertentu dan telah terinstal di dalam komputer
Contoh :
1. Program Universitas Gunadarma yaitu SARMAG ( sarjana magister )
2. Program Universitas lainnya adalah memberikan layanan yang terbaik bagi para Mahasiswi atau Mahasiswa nya .
G. Pengertian Falsafah
a) Harold H. Titus
Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepecayaan terhadap kehidupan dan alam yg biasanya diterima secara tidak kritis. Filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yg dijunjung tinggi.
b) Hasbullah Bakry
Ilmu Filsafat adalah ilmu yg menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam mengenai Ke-Tuhanan, alam semesta dan manusia sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana sikap manusia itu sebenarnya setelah mencapai pengetahuan itu.
c) Prof. Dr.Muhamad Yamin
Filsafat ialah pemusatan pikiran , sehingga manusia menemui kepribadiannya seraya didalam kepribadiannya itu dialamiya kesungguhan.
d) Prof. Dr. Ismaun, M.Pd
Filsafat ialah usaha pemikiran dan renungan manusia dengan akal dan qalbunya secara sungguh-sungguh , yakni secara kritis sistematis, fundamentalis, universal, integral dan radikal untuk mencapai dan menemukan kebenaran yg hakiki (pengetahuan, dan kearifan atau kebenaran yg sejati.
Contoh :
1. Mentaati peraturan dari Universitas Gunadarma
2. Bersikap sopan terhadap semua pihak yang terdapat di Universitas Gunadarma baik terhadap dosen atau teman .
H.Pengertian Jadwal
a) Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Jadwal adalah pembagian waktu berdasarkan rencana pengaturan urutan kerja, daftar atau tabel kegiatan atau rencana kegiatan dng pembagian waktu pelaksanaan yg terperinci.
b) Menurut Soejono Soekanto
Jadwal adalah proses pembagian waktu untuk melakukan semua aktifitas manusia agar tidak bentrok dengan aktifitas yang lain, agar lebih efektif.
Contoh:
1. Jadwal dosen yang akan mengajar untuk satu kelas harus diatur agar tidak terjadi bentrok
2. Jadwal UTS dan UAS
I. Pengertian Undang-undang
a) Konstitusi atau Undang Undang Dasar sebuah negara diartikan sebagai suatu bentuk pengaturan tentang berbagai aspek yang mendasar dalam sebuah Negara, baik aspek hukum maupun aspek lainnya yang merupakan kespakatan masyarakat untuk diatur. Aspek lain dalam pengertian ini dapat berupa aspek social maupun aspek filosofis dalam arti asas-asas yang didasarkan pada alasan-alasan tertentu.
b) KC Wheare, mengartikan konstitusi sebagai keseluruhan system ketatanegaraan dari suatu Negara berupa kumpulan peraturan-peraturan yang membentuk, mengatur atau memerintah dalam pemerintahan suatu Negara. Peraturan disini merupakan gabungan antara ketentuan-ketentuan yang memiliki sifat hokum (legal) dan yang tidak memiliki sifat hokum (non legal). Berdasarkan pengertian ini, konstitusi merupakan bentuk pengaturan tentang berbagai aspek yang mendasar dalam sebuah Negara, baik aspek hukum maupun aspek lainnya yang merupakan kespakatan masyarakat untuk diatur. Aspek lain dalam pengertian ini dapat berupa aspek social maupun aspek filosofis dalam arti asas-asas yang didasarkan pada alasan-alasan tertentu.
c) C.F. Strong mengatakan bahwa konstitusi memiliki kedudukan sebagai aturan main bagi rakyat untuk konsolidasi posisi politik dan hokum, untuk mengatur kehidupan bersama dalam rangka mewujudkan tujuannya dalam bentuk Negara.
d) James Bryce mendefinisikan konstitusi sebagai suatu kerangka masyarakat politik (Negara) yang diorganisir dengan dan melalui hokum. Dengan kata lain, hokum menetapkan adanya lembaga-lembaga permanent dengan fungsi yang telah diakui dan hak-hak yang telah ditetapkan. Konstitusi dapat pula dikatakan sebagai kumpulan-kumpulan prinsip yang mengatur kekuasaan pemerintah, hak pihak yang diperintah (rakyat) dan hubungan diantara keduanya. Konstitusi bisa berupa sebuah catatn tertulis; konstitusi dapat diketemukan dalam bentuk dokumen yang bisa diubah atau diamandemen menurut kebutuhan dan perkembangan zaman atau konstitusi dapat juga berwujud sekumpulan hokum terpisah dan memiliki otoritas khusus sebagai hokum konstitusi.
j. Pengertian Taktik
1) Rencana atau tindakan yg bersistem untuk mencapai tujuan; pelaksanaan strategi; siasat;
2) Muslihat.
a) E. Stones and S. Morris dalam Mangal (2009) menyatakan bahwa taktik adalah perilaku pengajar yang mempengaruhi, dipengaruhi, dan memiliki tujuan.
b) Akhmad Sudrajat (2008)
Taktik pembelajaran merupakan gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual.
Contoh :
1. Taktik setiap dosen untuk mengajar pasti berbeda-beda
2. Taktik Mahasiswi atau Mahasiswa Universitas Gunadarma pasti berbeda-beda .
K.Pengertian Misi
a) Menurut Karl Max
Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh seseorang atau lembaga atau organisasi dalam usahanya mewujudkan Visi.
b) Menurut Sukirno
Misi adalah sesuatu yang harus dilaksanakan oleh organisasi agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik.
Contoh :
1. Misi saya sebagai Mahasiswa Universitas Gunadarma yaitu belajar dengan sungguh-sungguh .
2. Mematuhi selaga peraturan yang berlaku di UNiversitas Gunadarma .
L.Pengertian Visi
a) Menurut (KBBI) Kamus Besar Bahasa Indonesia, visi adalah perpaduan lukisan atau gambaran masa lalu, masa kini, dan masa depan yang dibuat pada saat ini.
b) Menurut Anthony D’Souza, visi adalah sesuatu yang pantas untuk diraih dan bisa dijadikan dokumen hidup yang selalu bisa dikembangkan.
c) Menurut Agus Suryo Sulaiman, visi adalah kekuatan pikiran yang memberikan gambar hidup secara lengkap dan menyeluruh.
d) Menurut Aries Heru Prasetyo, visi adalah sebuah impian atau mimpi yang dapat diraih, bukan sekadar impian bohong yang tak dapat dicapai.
e) Menurut Dewi Praptiwi & Irawan Senda, visi adalah gambaran peta besar tentang scenario atau rencana masa depan yang ingin diwujudkan oleh seseorang.
f) Menurut Ubaedy, visi adalah bayangan batin mengenai diri atau usaha yang belum konkret di alam nyata.
g) Menurut Jackie Ambadar, Miranty Abidin, dan Yanty Isa, visi adalah penentu faktor kualitas untuk menjalankan suatu kegiatan secara rutin dan menghilangkan kebosanan.
h) Menurut Heri Tjahjono, visi adalah gambaran masa depan yang mampu memberikan petunjuk arah ke temopat, tujuan, atau harapan yang akan dituju.
i) Menurut Jim Tehusijarana, visi adalah kunci dasar dalam menentukan langkah menuju ke arah impian kita atau tidak. Bisa diartikan juga bahwa visi adalah sebuah kompas perjalanan karier seseorang.
j) Menurut Kotler, visi adalah suatu pernyataan mengenai tujuan dari sebuah organisasi yang disampaikan atau diekspresikan melalui produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai yang didapatkan juga aspirasi dan cita-cita di masa yang akan datang.
Contoh :
1.Visi Universitas Gunadarma yaitu melahirkan generasi-generasi baru yang baik
2. dan Visi saya yaitu menjadi seorang Akuntan yang professional .
2. Definisi dan contoh dari :
A.Pengertian Wewenang
a) Menurut Louis A. Allen dalam bukunya, Management and Organization :Wewenang adalah jumlah kekuasaan (powers) dan hak (rights) yang didelegasikan pada suatu jabatan.
b) Menurut Harold Koontz dan Cyril O’Donnel dalam bukunya, The Principles of Management : Authority adalah suatu hak untuk memerintah / bertindak.
c) Menurut G. R. Terry : Wewenang adalah kekuasaan resmi dan kekuasaan pejabat untuk menyuruh pihak lain supaya bertindak dan taat kepada pihak yang memiliki wewenang itu.
d) Menurut R. C. Davis dalam bukunya, Fundamentals of Management :Authority adalah hak yang cukup, yang memungkinkan seseorang dapat menyelesaikan suatu tugas/kewajiban tertentu.
Contoh :
1. Dosen berhak untuk mengeluarkan muridnya dari kelas untuk tidak mengikuti pelajarannya apabila mahasiswa atau mahasiswi tersebut malanggar peraturan yang ada .
2. Dosen berhak memberikan tugas kepada mahasiswa atau mahasiswinya
B. Pengertian Tanggung Jawab
a) Ismail Solihin menganggap jika CSR adalah “salah satu dari bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap pemangku kepentingan (Stakeholders) “
b) Merrick Dodd mnganggap bahwa CSR adalah “suatu pengertian terhadap buruh, konsumen dan masyarakat pada umumnya dihormati sebagai sikap yang pantas untuk diadopsi oleh pelaku bisnis”
c) Salem Sheikh berkata bahwa “CSR merupakan tanggung jawab perusahaan, apakah bersifat sukarela atau berdasarkan undang – undang, dalam pelaksanaan kewajiban sosial ekonomi di masyarakat”
Contoh :
1. saya akan belajar dengan rajin untuk mendapatkan IPK 4.
2. Setiap Mahasiswa harus mematuhi peraturan yang berlaku
C. Pengertian Pertanggungjawaban
a) Menurut Hariadi
Pertanggungjawaban adalah hasil dari suatu kegiatan seseorang atas tanggungjawab yang dilakukan.
b) Menurut Anthony & Govindarajan
Pertanggungjawaban adalah bagian dari sistem pengontrolan sikap dan perbuatan seseorang yang memiliki tanggungjawab.
Contoh :
1. Hasil nilai-nilai selama saya belajar di Universitas Gunadarma
2. mempertanggungjawabkan setiap kesalahan yang saya lakukan
D.Pengertian Delegasi Wewenang
a) Menurut Ralph C. Davis : Pendelegasian wewenang hanyalah tahapan dari suatu proses ketika penyerahanwewenang berfungsi melepaskan kedudukan dengan melaksanakan pertanggung jawaban.
b) Menurut Louis A. Allen : Pendelegasian adalah proses yang diikuti oleh seorang manajer dalam pembagian kerja yang ditimpakan padanya, sehingga ia dapat memperoleh orang-orang lain untuk membantu pekerjaan yang tidak dapat ia kerjakan.
Contoh :
1. Apabia rector tidak bisa hadir ketika rapat ia akan menugasi wakil rector untuk menggantikan posisinya
2. Apabila dosen tidak bisa mengajar dapat digantikan oleh asisten dosen
E.Definisi Koordinasi
a) Menurut G.R Terry
Koordinasi adalah suatu usaha yang sinkron dan teratur untuk menyediakan jumlah dan waktu yang tepat dan mengarahkan pelaksanaan untuk menghasilkan suatu tindakan yang seragam dan harmonis pada sasaran yang telah ditentukan.
a) Menurut Henry Fayol
Koordinasi adalah mengikat bersama, menyatukan dan menyelaraskan semua kegiatan dan usaha.
Contoh :
1. pembagian tugas kelompok terhadap semua anggotanya
2. Pembagian jabatan dikelas 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar